Header Ads

67% Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Tidak Sesuai Jurusan Saat Kuliah


Sobat Lowongan Kerja Terbaru- informasi berikut ini sangat penting untuk di ketahui oleh kita semua khususnya pencari kerja dan semua kawan-kawan yang sudah kerja juga. 

Mahasiswa lulusan ekonomi pada kenyataannya tidak selalu menjadi ekonom, lulusan hukum tidak selalu menjadi praktisi hukum. Sulitkah mendapatkan pekerjaan sesuai jurusan?

Cukup banyak fresh graduate memutuskan bekerja di bidang yang sama sekali berbeda dengan jurusan perkuliahan sebelumnya. Mungkin pernah kita temui lulusan fakultas pertanian bekerja di bank, lulusan fakulas geografi berwirausaha di bidang percetakan, sedangkan lulusan arsitektur berwirausaha memproduksi kaus khas Jogja.  

Untuk mencari tahu lebih detail mengenai fenomena ini, beberapa waktu yang lalu Careernews melakukan polling kepada pembaca dengan tema kesesuaian pekerjaan terhadap jurusan yang diambil pada saat kuliah. Hasil polling menunjukkan 67 persen responden mengaku bahwa pekerjaannya saat ini tidak sesuai dengan jurusan kuliahnya dulu. Di samping persentase besar tersebut, hasil polling juga menunjukkan bahwa lebih dari separuh responden (58 persen) merasa penting untuk bekerja sesuai dengan jurusan kuliah.

Gap yang cukup besar ini menimbulkan beberapa pertanyaan. Apakah ketidaksesuaian pekerjaan tersebut memang keinginan mereka? Apa alasan mereka menerima pekerjaan yang tidak sesuai jurusan? 

Dilihat dari hasil survei, dapat dikatakan bahwa menerima pekerjaan yang tidak sesuai jurusan merupakan keinginan pribadi. Tujuh puluh tujuh  persen dari mereka menyatakan lebih memilih untuk bekerja apa saja, yang penting bekerja, dibanding dengan menganggur demi menunggu pekerjaan yang sesuai dengan jurusan. 
Berbagai pertimbangan dikemukakan sebagai alasan menerima pekerjaan yang tidak sesuai jurusan. Sepertiga  responden menyatakan ingin mencari pengalaman baru, sepertiga lainnya menyebutkan bahwa passion mereka tidak sesuai. Sisanya beralasan, lebih baik bekerja apa saja daripada menganggur. 

Walaupun memiliki alasannya masing-masing dan menerima pekerjaan tidak sesuai jurusan, ternyata banyak  juga responden yang merasa tidak nyaman ataupun mantap dengan pekerjaan itu. Mayoritas dari mereka yaitu 66 persen berniat berhenti dari pekerjaan tersebut dan mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan.

Bagaimana dengan kamu? Kalau sudah bekerja, apakah pekerjaanmu sekarang sesuai dengan jurusan kuliah yang kamu ambil dulu? Nah kita kembalikan kepada diri kita masing-masing apa motivasi kita mau bekerja pada suatu lowongan yang ditawarkan. saran saya di pertimbangkan masak-masak agar suatu saat tidak menyesal.

Deemikian  tips bagi kita yang sedang dan akan menggeluti yang namanya bekerja pada orang lain, Namun hal ini tidak untuk orang yang menciptakan lowongan kerja sendiri.

terima kasih.

No comments