Header Ads

Penting!!! JADWAL JOB FAIR BULAN AGUSTUS-OKTOBER 2015

Job-Fair
Assalamualaikum wr... wb.

salam sejahtera untuk kita semua.

Sobat Lowongan Kerja terbaru- Kali ini kami akan menyampaikan jadwal job fair yang ada di tanah air selama bulan agustus-Oktober 2015.


Apa itu Job Fair?

Mungkin sobat yang sudah tidak asing dengan istilah ini dan mungkin ada diantara sobat yang hanya kali ini mendengar nama/istilah job fair?.  Sebelum melangkah lebih jauh menjelaskan atau singkatnya menyajikan pengumuman jadwal job fair, simak dulu penjelasan tentang apa itu job fair berikut.

Sering kita mendengar penggunaan istilah jobfair, bookfair, dan fair – fair yang lain. Nah kali ini saya akan sedikit membahas tentang jobfair. Apa itu jobfair?

Jobfair dapat di artikan sebagai pameran yang menyuguhkan perusahaan pencari tenaga kerja atau dengan kata lain bursa kerja. Dimana di jobfair nantinya akan banyak perusahaan yang membutuhkan  pekerja mengikuti ajang pameran tersebut.

Sistematika pelaksanannya cukup sederhana, pencari kerja masuk ke arena pameran, dan di sana sudah ada stand – stand yang berisi petugas dari perusahaan pencari tenaga kerja, selanjutnya tinggal kita memasukkan lamaran yang sesuai dengan kemampuan dan jurusan kita atau yang sesuai dengan kriteria dari perusahaan.

Jadi bursa kerja ini memudahkan bagi pencari kerja untuk menemui beberapa perusahaan sekaligus dalam satu kesempatan, tanpa harus bersusah datang ke kantor perusahaan tersebut. Sebaliknya bagi perusahaan pun juga mempunya manfaat juga, yaitu mendekatkan kepada calon pegawai yang nantinya akan mengisi posisi kerja yang ditawarkan oleh perusahann tersebut, tanpa harus mencari dengan susah payah.

Acara seperti ini sangat di minati dan ditunggu oleh lulusan sekolah atau perguruan tinggi yang masih belum mempunyai pekerjaan, karena sangat efisien dan menghemat waktu serta biaya.

Tips dalam mengikuti jobfair:

  • Job fair bukanlah tempat untuk 'window shopping' lowongan kerja. Jika Anda hanya berniat untuk jalan-jalan dan melihat-lihat dengan pikiran bahwa siapa tahu ada pekerjaan yang cocok, maka percayalah bahwa Anda hanya menghabiskan waktu dan membuang tenaga saja. Job fair di Indonesia bisa dipastikan akan selalu dipenuhi dengan pengunjung. Terlebih lagi saat ini ketika keadaan ekonomi global maupun nasional tidak terlalu menguntungkan dan banyak perusahaan harus 'merumahkan' karyawan mereka. Datanglah ke ajang ini dengan niat dan persiapan serius untuk mencari kerja.

  • Ketahuilah jenis tiap job fair. Terkadang event ini khusus diselenggarakan untuk mengakomodasi kebutuhan akan tenaga kerja pada bidang tertentu. Beberapa universitas sering menyelenggarakan bursa kerja khusus untuk bidang teknologi informatika, ada pula job fair yang khusus untuk para pencari kerja bidang marketing. Tidak jarang pula sebuah perusahaan khusus menyelenggarakan bursa kerja untuk memenuhi kebutuhan rekrutmen mereka sendiri. Karena itulah pentingnya mengetahui informasi jelas mengenai jenis bursa kerja yang akan Anda kunjungi untuk memastikan apakah Anda target yang tepat dari bursa kerja tersebut.

  • Cari informasi sebesar-besarnya mengenai job fair tersebut. Selain jenis, tempat, waktu, biaya pendaftaran, Anda juga sebaiknya mengetahui denah bursa kerja, letak booth perusahaan-perusahaan incaran Anda. Dengan demikian Anda tidak perlu berkeliling membuat waktu saat mencoba melamar di perusahaan incaran Anda.
  • Update CV Anda dan buatlah cover letter general. Sebelum Anda mengunjungi job fair, sempatkan untuk mengupdate CV Anda. Print beberapa CV dan cover letter di kertas yang representatif dan bawalah dengan map plastic keras agar tidak 'lecek'. Jika job fair yang akan dikunjungi memakai metode paperless, maka Anda hanya perlu menyiapkan soft copy CV dan surat lamaran Anda. Simpan dalam flash disk dan pastikan ukurannya tidak melebihi ketentuan yang berlaku. Pastikan juga bahwa flash disk Anda bebas virus karena walaupun biasanya ada help desk yang bersedia membantu membersihkan file Anda, namun hal ini akan menghabiskan banyak waktu Anda. Selain bisa mengunggah CV on the spot, pengunjung juga sangat disarankan untuk terlebih dulu register dan mendaftarkan/upload CV mereka di website job fair. Hal ini akan menghemat banyak waktu dan Anda akan terhindar dari antrian yang mengular.
  • Penampilan adalah salah satu hal penting dalam melamar kerja di bursa kerja. Kesan pertama yang Anda berikan mau tidak mau akan tercipta oleh penampilan Anda. Anda tidak perlu memakai blazer/jas lengkap dan bersepatu tinggi (jika Anda wanita). Kenakan pakaian rapi dan formal seperti celana bahan, kemeja rapi dan sepatu tertutup. Untuk sementara, tanggalkan tindikan di bibir, alis, lidah atau tempat-tempat yang tidak lazim lainnya.

  • Siapkan diri jika Anda ternyata harus langsung menghadapi wawancara. Jangan panik jika Anda diminta untuk langsung wawancara, justru ini menunjukkan bahwa perusahaan tertarik dengan kualifikasi Anda. Buat list jawaban dari pertanyaan berikut ini :

  • Ceritakan tentang diri Anda.

Apa yang membuat Anda merasa cocok untuk pekerjaan ini.
Apa kelebihan dan kekurangan Anda.
Bagaimana Anda melihat diri Anda lima tahun mendatang.
  • Siapkan fisik Anda. Istirahat dengan cukup dan jangan lupa makan sebelum Anda mengunjungi job fair. Gula darah yang rendah akan membuat Anda kehilangan konsentrasi sehingga akan menyulitkan Anda nantinya saat menjawab pertanyaan dari interviewer.
Sumber: Jobsdb.com


Nah Demikian sekelumit tentang Jobfair dan apa persiapan yang harus ketahui sebelum mengikuti job Fair.

Ini dia Pengumuman jadwal job fair yang kami peroleh dari sumber terpercaya yaitu jobstreet.com.

Jadwal Job Fair Bulan Agustus-Oktober 2015

  1. JADWAL JOB FAIR UNTUK SMA,SMK DAN SEDERAJAT.


  • 25-26 Agustus 2015

  • Grand Serpong Mall,Tangerang, Banten

    • 8-9 September 2015

    Blok M Square,
    Jakarta Selatan


    • 22-23 September 2015

    Cak Durasim, Surabaya,
    Jawa Timur 


    • 20-21 Oktober 2015

    Plaza Jambu Dua Bogor,
    Jawa Barat 

    JADWAL JOB FAIR KAMPUS

     
    Event: Polban Career Expo 2015
    Date: 22 – 23 Agustus 2015
    Venue: Pendopo Agung, Politeknik Negeri Bandung
      Event: UNIBRAW CAREER EXPO
    Date: 25 – 26 Agustus 2015
    Venue: Gd. Samantha Krida, Kampus UNIBRAW – Malang

    Event: UNIBRAW CAREER EXPO
    Date: 25 – 26 Agustus 2015
    Venue: Gd. Samantha Krida, Kampus UNIBRAW – Malang.

    Event: DISNAKERTRANS Prov. Bali
    Date: 28 - 29 Agustus 2015
    Venue: GOR Lila Bhuana
    Jl. Melati - Denpasar

    Demikian Jadwal Job Fair ini Kami sampaikan Semoga Bermanfaat, silahkan kunjungi blog ini setiap hari untuk mendapatkan lowongan kerja lainnyayang kami update setiap hari, atau bergabung bersama Fanspage Facebook kami.  Silahkan Bagikan informasi job fair ini kepada teman-teman yang lainnya.

    Baca Juga: Tips bagi pencari kerja supaya cepat mendapat pekerjaan

    No comments